Jumat, 20 April 2012

perbedaan manager dengan pemimpin


Beberapa perbedaan manager dengan pemimpin :
1.      Pemimpin selalu dan hanya berhubungan dengan orang-orang atau para bawahansedangkan manager tidak selalu berhubungan dengan orang tetapi juga bisa berhubungandengan waktu maka disebut managemen waktu, berhubungan dengan tujuan makadisebut managemen tujuan, dll.
2.      Seseorang disebut manager karena ia melakukan fungsi management bukan karenaposisinya sebagai atasan sedangkan seseorang disebut pemimpin semata-mata karena posisi dia sebagai atasan.
3.      Seorang pemimpin memiliki fungsi dasar adalah mengarahkan dan menggerakkanseluruh bawahan untuk bergerak pada arah yang sama yaitu tujuan sedangkan fungsimanager adalah managemen yaitu kegiatan-kegiatan seputar perencanaan, pengorganisasian, penempatan staff, pengarahan dan kontrol.
4.      Seorang manager lebih mengandalkan kekuasaan sedangkan pemimpin lebihmengandalkan kharisma atau kewibawaan yang dimilikinya.
5.      Seorang manager dipilih melalui jalur formal (seperti dipilih oleh komisaris/direktur)sedangkan pemimpin biasanya berdasar kontrak social dengan anggota/bawahan.
6.      Seorang manager bertanggung jawab kepada atasannya, sedangkan seorang pemimpin bertanggung jawab kepada anak buahnya.
7.      Seorang pemimpin merupakan bagian dari pengikut sedangkan manager merupakan bagian dari organisasi.
8.      Seorang manager belum tentu menjadi seorang pemimpin, tetapi seorang pemimpin dituntut untuk menjadi seorang manager terlebih dahulu. Agar mampu bertahan di era perubahan, organisasi bisnis memerlukan generasiyang baru – yaitu (pemimpin) – bukan manajer. Memahami perbedaan antara manager dan pemimpin itu penting. Pemimpin menundukkan konteks-konteks,mengatasi situasi turbulensi, melawan ambiguitas yang menghancurkanorganisasi – sedangkan manajer menyerah kalah.

Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara manajer dan pemimpin :
1.      Manajer mengatur, sedangkan pemimpin meng-inovasi.
2.      Manajer merupakan jiplakan, pemimpin bersifat orsinil.
3.      Manajer memelihara, pemimpin mengembangkan.
4.      Manajer mengandalkan kontrol, pemimpin mengilhami.
5.      Manajer berpandangan sempit, pemimpin memiliki perspektif luas.
6.      Manajer bertanya bagaimana dan kapan, pemimpin bertanya apa danmengapa.
7.      Manajer menerima status quo, pemimpin menantangnya.
8.      Manajer adalah prajurit yg baik dan klasik, pemimpin menjadi dirinyasendiri.
9.      Manajer menaiki tangga dengan effektif, pemimpin menciptakan anak tangga dan meletakkan di tempat yang benar.
10.  Manajer mengerjakan berbagai hal dengan tepat, pemimpin mengerjakanhal yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar